Rabu, 23 Januari 2013

Pemerintah Harus Kuat

hasil survei yang dilakukan oleh Indo Barometer menunjukkan bahwa mayoritas reponden merindukan kepemimpinan Soeharto. Hasil survei ini memang kelihatannya biasa-biasa saja, namun ada dibalik itu sebagai warga negara atau sebagai manusia Indonesia yang hidup dalam lingkungan sistem pemerintahan SBY saat ini tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus. Dimana masyarakat merasa suara mayoritas yang diberikan kepada pemerintah tidak dihargai.

Perasaan masyarakat yang membutuhkan kedamaian dan kepastian hukum tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pemerintah saat ini. Era kepemimpinan Soeharto yang bagi segelintir elit merupakan pengekangan dan melanggar demokrasi tapi bagi masyarakat luas terdapat kepastian hukum yang tidak semena-mena dilanggar oleh penguasa. Hukum pada waktu itu sangat konsisten berjalan, instruksi pemerintah menjadikan landasan dasar untuk menjalankan kebijakan, tidak ada saling melempar tanggungjawab. Semuanya terkoordinir dengan rapi dan baik dibawah komando jenderal Soeharto.
Para pakar akademisi menanggapi permasalahan ini dengan argumen bahwa pemerintah harus intropeksi diri yaitu menurut pemikiran mereka apabila ditinjau dari sisi politik, tidak ada masalah besar yang dihadapi pemerintah. Namun penegakkan hukum yang masih carut marut boleh jadi dapat menjatuhkan kredibilitas pemerintah dimata publik. Apalagi penegakkan hukum yang lemah membuat pemerintahan lemah pula.
Dari keinginan masyarakat tersebut ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian bagi pemerintah yaitu :
pertama, pemerintah harus segera mungkin melakukan tindakan nyata dalam penegakan hukum. Hukum tidak boleh dipermainkan hanya untuk kepentingan penguasa.
Kedua, melakukan rekonsiliasi misi dan visi bangsa Indonesia kedepan yaitu dengan mengumpulkan para tokoh masyarakat, akademisi, LSM, dan mahasiswa untuk menyamakan visi dan misi bersama sesuai apa yang telah pemerintah janjikan untuk segera direalisasikan bersama-sama.
Dan terakhir adalah pemerintah harus bekerja keras bahu membahu membangun bangsa ini dengan niat yang tulus ikhlas untuk kesejahteraan masyarakatnya sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu dalam rangka menciptakan masyarakat Indonesia yang damai, aman, dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar