Rabu, 23 Januari 2013

Anjuran menuntut Ilmu dalam Islam

Islam mengajarkan umatnya agar terus menuntut ilmu. Islam menyakini bahwa mengasah otak dengan ilmu dan menggunakan akal berguna untuk menyingkap berbagai tanda-tanda kekuasaan Allah. Di alam semesta ini merupakan sesuatu yang wajib untuk menuntut ilmu. Rasulullah pernah bersabda "menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim".
Oleh karena itu, Islam adalah agama yang sangat menghargai akal pikiran, dan itu adalah anugrah Allah yang paling tinggi kepada umat manusia. Akal pikiranlah yang membedakan antara manusia dengan mahluk-mahluk Allah lainnya, bahkan malaikat sekalipun.

Dalam al-Quran sudah dijelaskan bahwa seseorang dianggap mulia disisi Allah hanya karena 2 hal yaitu, karena imannya dan karena ketinggian ilmunya, bukan karena jabatan dan hartanya. Oleh sebab itu, umat Islam harus menyandingkan ilmu pengetahuan dengan iman. Keduanya tidak boleh dipisahkan. Akan tetapi manusia tidak menyadari betapa pentingnya kedudukan ilmu dalam kehidupannya. Kebayakan mereka lebih mengutamakan harta benda dibandingkan ilmu pengetahuan. Padahal harta benda akan habis dalam sekejap jika ia tidak memiliki ilmu untuk memeliharanya, bahkan akan menjadi malapetaka bagi pemiliknya.
Sebaliknya, dengan ilmu seseorang dapat memperoleh segalanya, sebagaimana kisah Nabi Sulaiman, ketika disuruh memilih harta benda, kerajaan dan ilmu. Ia memilih ilmu, akhirnya ia diberi pula kerajaan dan harta benda oleh Allah SWT.
Demikian hikmah pentingnya ilmu bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar